BerandaKabar PendidikanPeningkatan Literasi Media dan Pemikiran Kritis SDM Pendidikan Tinggi melalui Program 'Tular...

Peningkatan Literasi Media dan Pemikiran Kritis SDM Pendidikan Tinggi melalui Program ‘Tular Nalar’

Abdul Rohim menambahkan program ini dicanangkan dimulai dari diri kita sendiri untuk menggunakan nalar kritis dalam setiap membaca fenomena terutama yang simpang siur di dunia daring seperti media sosial. Ia berharap program ini yang ditujukan untuk para dosen ini nantinya akan menularkan kepada para mahasiswa. Selanjutnya mahasiswa nantinya akan menularkan pada lingkungannya dan program ini bisa di akses oleh semakin banyak kalangan di Indonesia.

“Dengan penggunaan nalar kritis dalam memanfaatkan dunia daring diharapkan dapat menjadi tradisi yang tidak hanya berada di lingkungan akademisi, dosen dan mahasiswa, tetapi bisa menjadi tradisi di kalangan masyarakat pada umumnya,” tutupnya.

Sementara itu, Pakar Komunikasi Ni Made Ras Amanda selaku pembicara pada pelatihan Tular Nalar ini menyampaikan berdasarkan data riset data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan Hotsuite pertumbuhan pengguna internet di Indonesia terus bertambah. Namun, selama pandemi Covid-19 ini ditemukan bahwa Indonesia berada di peringkat ke-5 dunia berkaitan dengan rumor, stigma, serta teori konspirasi Covid-19.

Merespon temuan tersebut, Amanda berharap agar pendidikan tidak kenal lelah dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa menangkal berbagai dampak yang ditimbulkan dari penggunaan internet.

“Mari kita mendidik anak-anak kita mahasiswa untuk dapat berpikir kritis. Kehidupan mereka kedepannya lebih banyak berhadapan dengan isu-isu sehingga soft skill harus kita tingkatkan agar mereka dapat bertahan terhadap dampak negatif internet,” pungkasnya.

Humas Ditjen Dikti
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Sumber :https://www.kemdikbud.go.id/

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

Most Popular

Sample materi 1

Sample materi 3

Sample materi 2

Sample article pena guru 3

Recent Comments

Kirim
Masna Dewi, S.Pdi, M.Pd
Masna Dewi, S.Pdi, M.Pd
Hi..dengan saya Kepsek SDN 200215,
Ada yang dapat kami bantu....?